Langsung ke konten utama

Fitrah Seksualitas Melawan LGBT


Fitrah Seksualitas Melawan LGBT

Untuk mendekatkan anak pada orangtua di tiap tahapan usia, bagaimana caranya?
-  Menjadi teman yang menyenangkan untuk anak-anak.
- Memahami fitrah anak, tahapan kemampuan anak dan dapat "bersama" anak di saat apapun.
-  Menjadi contoh bagi anak karena anak itu peniru. Libatkan anak dan beri kepercayaan.
- Jika anak masih dalam kandungan anak sering diajak ngobrol dan diberikan stimulasi, syukuri keberadaan anak apapun jenis kelaminnya kelak (tidak ada kecenderungan), jangan lupa berdoa mohon bimbingan dan kekuatan pada Allah karena Dialah sang pemilik hati.
- Jadi orangtua yang kompak dan bahagia dulu, dengan sendirinya anak dapat lingkungan pertama yang kondusif.

Diskusi
Tanya :
Mengenai baju yang lagi trend BANANA. Terakhir saya baca baca baju ini dihubungkan dengan LGBT. Menurut mbak bener gak sih? Bagaimana baiknya kita menyikapinya?
Jawab :
-       Kalo menurut saya rumornya begitu , tapi saya belum memastikan juga. Apakah benar begitu atau cuma disambungkan aja. Kalo anak-anak pasti tidak paham, pahamnya cuma gambar pisang.
-       Mengenai banana LGBT, mungkin ada benarnya mbak. Kalau saya, untuk lebih berhati-hati jangan sampai kita ikut menyebarkan info yg malah bikin anak kita kepo, ada baiknya info tersebut tidak kita sebarkan.
-       Baju banana dikaitkan dengan LGBT saya belum menemukan sumber shahih nya mba apakah betul berhubungan. Tapi jika pun hanya dihubung-hubungkan, saya lebih memilih untuk menghindari mba, masih banyak model baju yg lain
-       Dari masalah baju kita jadi sadar bagaimana cara memilih baju (hal yang sepele) bisa menjerumus ke permasalahan yg besar.

Tanya :
saya punya anak tetangga , pria usia 5-6 masih TK besar. Dia sudah tahu anak cewek yang cantik , yang galak, yang cuek dll. Agak kaget juga anak TK sudah tahu anak gadis yang manis. Apakah tren anak TK besar apa seperti ini ya? Menurut mba semua untuk kasus ini bagaimana ya?
Jawab:
-    Kenali dan dampingi perkembangan anak di setiap fasenya, fleksibel utk bisa jadi teladan, teman dan supporter yang menyenangkan untuk anak, siap jadi sumber informasi yang terpercaya dan menyenangkan, danmenjadi acuan pertama untuk anak memenuhi rasa ingin tahunya.
-    ini maksudnya mulai mengenal / tertarik degan lawan jenis kah mbak? Sebenarnya dengan mempelajari materi fitrah seksualitasbertujuan agar kita bisa mengantisipasi hal seperti ini.
-    Zaman sekarang sudah banyak berubah dibanding zamannya kita kecil dulu. Sekarang zaman fast communicating. Bisa jadi anak TK tersebut adalah hasil lingkungan yang sangat terbuka terhadap informasi mengenai penilaian "dia cantik, dia ganteng", dan sebagainya.
-    saya dulu kelas 1 SD sudah bisa nunjuk mas yang handsome mba, Tapi kalau untuk kasus ini, menurut saya pribadi, saya lebih berusaha untuk tidak mudah kaget dengan perkembangan anak-anak di sekitar saya karena memang arus informasi saat ini sulit dibendung. Yang saya pilih untuk dilakukan adalah mengamati dan mengarahkan semampu saya saja mba. Dengan dukungan lingkungan jika memang diperlukan. Dengan perhatian khusus dan ekstra jika memang mengkhawatirkan.
-    Kurang paham apa ucapan seperti ini dari usia anak TK bermakna ketertarikan atau bermakna dia mengklasifikasi karakter orang.
-    Nah, perlu ditilik lebih jauh mbak. Bertanya pada si anak. Ada baiknya kita jangan berasumsi macam-macam dulu atas ucapan anak kita. Tidak mudah kaget dan tidak lantas mudah jadi panik. Dan jangan langsung meng-counter attack anak. Gali dulu, tanya dulu, pahami dulu kenapa anak berkata, bersikap tertentu. Tidak boleh suudzon tapi perlu waspada.

Tanya
Saya pernah menemukan kasus, lelakinya macho banget tapi ternyata dia suka sesama jenis, sementara ada juga yg kelihatan gemulai ternyata dia bisa jadi orang tua yang baik bagi anak-anaknya. Nah jadi kelainan sex ternyata juga tidak bisa dilihat dari penampilannya saja, menurut mbak pemateri mereka itu kenapa ya?
Jawab:
-          don't judge the book from its cover. Kalau ditanya itu kenapa, gay ini byk dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan pola asuh dan bukan genetik. Dan sekarang ini, memang banyak justru mas yang terlihat macho & metroseksual, itu besar cenderungnya ke gay.
-          kaum tersebut ada yang blak-blakan meng-ekspos dirinya, ada juga yang menutupi/ berkedok dgn menyukai bahkan menikahi lawan jenisnya.

Sumber bacaan:
Ali Mukti, Pendidikan Seks untuk Anak Usia DIni dalam Perspektif Islam
Machnunah Ali Zulfah, Pendidikan Seks Pada Anak dalam Islam
Amanda Murtiningtyas, Bicara Seks dengan Anak
Dr Hasan el-Qudsy, ketika anak bertanya tentang seks

#fitrahseksualitas
#tantangan10hari
#level11
#kuliahbunsayiip
#ibuprofesional


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Poster Marhaban Ya Ramadhan

Membuat Poster Marhaban Ya Ramadhan   Kali ini saya menceritakan family project kami yang sudah lalu di ramadhan tahun ini. Proyek ini juga merupakan tugas bersama orangtua dan anak dari sekolah Kakak Ts. Proyeknya adalah membuat poster dalam rangka menyambut bulan ramadhan. Dengan memanfaatkan kertas yang ada di rumah, kami membuat poster tersebut. Tugas membuat poster dari sekolah sudah dimulai sejak 2 tahun yang lalu. Dulu saat dia umur 7 Tahun hampir semuanya saya yang mengerjakan tugas membuat poster. Kakak Ts hanya membantu menempel kertas. Selain baru belajar, tugas membuat poster itu juga merupakan proyek bersama orang tua dan anak. Sekarang saat dia berumur 9 tahun sudah cukup mendiri dalam membuat poster ramadhan-nya. Hampir semua dia lakukan sendiri mulai dari mencari kertas warna-warni, membuat tulisan dan gambar, dan menempelkannya pada kertas poster. Saya hanya membantu sedikit dengan memberikan finishing touch agar hasilnya terlihat lebih baik. Alha

Dongeng si Tompel (1)

Dongeng si Tompel (1) Adik yang baru berumur 2 tahun ssangat senang jika dibacakan cerita atau didongengi. Kali ini saya mengarang cerita berdasarkan gambar yang ada di halaman belakang Bobo Junior. Gambar yang terdiri dari 4 gambar berurutan tanpa teks membuat saya berkreasi mengarang membuat cerita. Salah satu dongeng Tompel favorit adik adalah cerita si Tompel saat bermain bola sendiri. Di sampingnya ada ikan di akuarium memperhatikannya. Kemudian bola si Tompel masuk ke dalam akuarium. Blup...suara bola mengagetkansi ikan. Ikan merasa kesal dan ddengan sekuat tenaga ikan menyundul bola keluar akuarium dengan kepalanya. Wusss...bluss...bola masuk ke gawang. Tompel terkaget-kaget. Hi..ceritanya sederhana ya. Meski demikian adik sangat menyukainya. Dia menirukan gerakan menyundul bola dan selalu menyukai cerita itu. #Tantangan10hari #Level10 #KuliahBunsayIIP #GrabYourImagination

Menghitung Tutup Botol UHT

Menghitung Tutup Botol UHT Sore itu Adik Fd bermain di rumah saja. Musim hujan sekarang ini tidak nyaman untuk bermain di luar. Seperti kebanyakan batita yang aktif, adik kecil ini pun bermain apa saja dengan benda yang ada di sekitarnya. Kebetulan dia melihat sekumpulan tutup botol bekas UHT di plastik. Tutup botol UHT memang sengaja tidak saya buang dengan alasan beberapa hal yaitu memanfaatkan barang bekas sebagai sarana berhitung anak dan juga sebagai sarana kreativitas dengan mewarnainya dengan cat air beraneka warna. Untuk alasan pertama sudah bisa terwujud yaitu sebagai sarana Adik Fd menghitung angka satu sampai sepuluh. Untuk alasan kedua belum terwujud karena saya belum sempat mengajak anak-anak untuk mengecat tutup botol tersebut. Setelah mendapatkan tutup botol tersebut, Adik Fd menyebarkannya dan memasukkannya kembali ke dalam botol. Hal seperti itu dilakukannya beberapa kali. Agar aktivitas tersebut bermakna, saya mendampingi dengan menyebutkan angka satu s