Langsung ke konten utama

Temukan Bakat dan Peranmu



Temukan Bakat dan Peranmu


Alhamdulillah tergabung dengan proyek 2 Ruang Berkarya Ibu. Setelah dapat kuliah umum dari Abah Rama Royani tentang bakat, inilah saatnya mengerjakan tugas pertama. Tugasnya sebenarnya tidak sulit karena semua jawaban bisa betul alias tidak ada jawaban yang salah. Namun butuh waktu juga untuk perenungannya cie..karena tugas pertama ini adalah tentang diri sendiri. Bakat dan peran apa yang dominan dari diri kita sendiri. Nah...silahkan dijawab J

Dengan membaca dan menimbang 34 tema bakat  (bahasa bakat) di www.bit.ly/Pandu45 saya menemukan bahwa 7 bakat dominan yang ada di dalam diri saya adalah sebagai berikut:
1.       Connectedness
Saya yakin segala sesuatu ada sebabnya karena adanya saling keterkaitan. Saya merasakan jika mengalami kejadian atau mendengar cerita dari orang lain kejadian yang mereka alami, saya biasa menghubungkannya dengan peristiwa yang lalu atau menghubungkannya dengan pengetahuan yang sudah saya tahu sebelumnya.
2.       Context
Saya menyukai cerita sejarah atau masa lalu. Hal ini saya sukai sejak saya bisa membaca. Saya sangat menyukai cerita sejarah masa lalu tentang kerajaan maupun tentang sejarah Islam, Asbabun Nuzul (kisah penyebab turunnya Al Qur’an), dan Siroh Nabawiyah. 
3.       Deliberative
Saya termasuk orang yang teliti, waspada, hati-hati sebelum melompat. Hal ini saya lakukan terutama saat saya berada di lingkungan yang baru atau saat berada di situasi yang baru.
4.       Developer
Saya senang melihat kemajuan orang lain dan memajukan orang lain. Saya merasa senang saat saya bisa berbagi ilmu dengan orang lain dan orang tersebut mau menjalankan tips yang saya bagi. Rasanya senang bisa bermanfaat bagi orang lain.
5.       Individualization
Saya mampu melihat karakter kinerja teman saya masing-masing. Saya bisa memaklumi kelebihan dan kekurangan teman-teman saya.
6.       Input
Saya suka sekali mengumpulkan berbagai informasi dan barang. Sejak kecil saya sukamencoba mengikuti berbagai kursus dan kegiatan. Hal itu berlanjut sampai saat ini saya senang mengikuti kelas belajar online maupun offline. Saya juga sayang jika akan membuang barang sehingga barang milik saya termasuk awet.
7.       Learner
Saya suka belajar hal baru. Email saya penuh dengan email langganan berbagai ilmu yang ingin saya pelajari. Saya juga bersemangat menuntut ilmu melalui sekolah formal sehingga mendapat kesempatan kuliah lagi.

Hm...akhirnya bisa juga identifikasi bakat sendiri menurut versi pengamatan saya sendiri. Oya berdasarkan peta bakat, connectedness dan indivualization termasuk ranah RELATING yaitu tipe orang yang senang bertemu dengan orang lain dan bekerja sama.

Bahasa/ tema bakat Context, input, dan  learner termasuk ranah THINKING LEFT yaitu tipe orang yang senang berpikir dengan belahan otak kiri. Bahasa/ tema bakat deliberative dan developer termasuk STRIVING yaitu tipe orang yang suka bekerja.

Sekarang lanjutkan lagi ke identifikasi 6 Peran Dominan dari ST30. Oh ya sekedar informasi saja bahwa kita bisa juga cari tahu tentang bakat kita di www.temubakat.com Berikut ini 6 peran dominan saya berdasar hasil ST30 :
1.       Creator
Menggunakan imajinasi untuk menemukan suatu rancangan produk atau layanan baru. Termasuk kelompok generating ideas yang berpikir dengan belahan otak kanan atas. Hal ini saya rasakan senang mengotak-atik untuk membuat produk baru. Hal yang sudah saya lakukan adalah produk jadwal harian magnetik yang saya buat dan diberi nama goodhabitskit. Produk ini bisa membantu anak berdisiplin secara menyenangkan.
2.       Educator
Senang mengajar dan menyampaikan ilmu. Terkait hal ini saya pernah kuliah di UNY jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Saya juga pernah bekerja sebagai guru les. Saya merasa senang saat bisa berbagi ilmu yang bermanfaat.
3.       Evaluator
Senang mempelajari sesuatu terkait nilai atau kondisi. Saya merasa menjadi evaluator bagi diri saya dan keluarga saya sendiri. Berusaha mengambil hikmah dari setiap kejadian dengan mengevaluasinya.
4.       Journalist
Menulis artikel maupun menulis bebas adalah kesukaan saya. dengan melakukan hal ini saya bisa bebas dan mengalir menyelaurkan ide yang ada di kepala saya.
5.       Strategist
Memilih jalan terbaik untuk mencapai tujuan merupakan salah satu kesukaan saya. bersikap seperti ini saya rasa penting agar hidup lebih terarah dan memiliki tujuan.
6.       Synthesizer
Mengkombinasikan berbagai ide menjadi sesuatu yang baru merupakan hal yang saya suka lakukan. Mencari ide di google atau pinterest merupakan kegemaran saya. Kadang sampai lupa waktu. Mengamati situasi di sekitar untuk mencari ide dan mewujudkannya menjadi produk menjadi kepuasan tersendiri bagi saya.

Demikian hasil perenungan saya terhadap diri sendiri. Semoga bisa menjadi lebih mengenal diri sendiri dan berdaya guna karena sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang banyak. Wallohu’alam.

#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriSatu
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Poster Marhaban Ya Ramadhan

Membuat Poster Marhaban Ya Ramadhan   Kali ini saya menceritakan family project kami yang sudah lalu di ramadhan tahun ini. Proyek ini juga merupakan tugas bersama orangtua dan anak dari sekolah Kakak Ts. Proyeknya adalah membuat poster dalam rangka menyambut bulan ramadhan. Dengan memanfaatkan kertas yang ada di rumah, kami membuat poster tersebut. Tugas membuat poster dari sekolah sudah dimulai sejak 2 tahun yang lalu. Dulu saat dia umur 7 Tahun hampir semuanya saya yang mengerjakan tugas membuat poster. Kakak Ts hanya membantu menempel kertas. Selain baru belajar, tugas membuat poster itu juga merupakan proyek bersama orang tua dan anak. Sekarang saat dia berumur 9 tahun sudah cukup mendiri dalam membuat poster ramadhan-nya. Hampir semua dia lakukan sendiri mulai dari mencari kertas warna-warni, membuat tulisan dan gambar, dan menempelkannya pada kertas poster. Saya hanya membantu sedikit dengan memberikan finishing touch agar hasilnya terlihat lebih baik. Alha

Dongeng si Tompel (1)

Dongeng si Tompel (1) Adik yang baru berumur 2 tahun ssangat senang jika dibacakan cerita atau didongengi. Kali ini saya mengarang cerita berdasarkan gambar yang ada di halaman belakang Bobo Junior. Gambar yang terdiri dari 4 gambar berurutan tanpa teks membuat saya berkreasi mengarang membuat cerita. Salah satu dongeng Tompel favorit adik adalah cerita si Tompel saat bermain bola sendiri. Di sampingnya ada ikan di akuarium memperhatikannya. Kemudian bola si Tompel masuk ke dalam akuarium. Blup...suara bola mengagetkansi ikan. Ikan merasa kesal dan ddengan sekuat tenaga ikan menyundul bola keluar akuarium dengan kepalanya. Wusss...bluss...bola masuk ke gawang. Tompel terkaget-kaget. Hi..ceritanya sederhana ya. Meski demikian adik sangat menyukainya. Dia menirukan gerakan menyundul bola dan selalu menyukai cerita itu. #Tantangan10hari #Level10 #KuliahBunsayIIP #GrabYourImagination

Menghitung Tutup Botol UHT

Menghitung Tutup Botol UHT Sore itu Adik Fd bermain di rumah saja. Musim hujan sekarang ini tidak nyaman untuk bermain di luar. Seperti kebanyakan batita yang aktif, adik kecil ini pun bermain apa saja dengan benda yang ada di sekitarnya. Kebetulan dia melihat sekumpulan tutup botol bekas UHT di plastik. Tutup botol UHT memang sengaja tidak saya buang dengan alasan beberapa hal yaitu memanfaatkan barang bekas sebagai sarana berhitung anak dan juga sebagai sarana kreativitas dengan mewarnainya dengan cat air beraneka warna. Untuk alasan pertama sudah bisa terwujud yaitu sebagai sarana Adik Fd menghitung angka satu sampai sepuluh. Untuk alasan kedua belum terwujud karena saya belum sempat mengajak anak-anak untuk mengecat tutup botol tersebut. Setelah mendapatkan tutup botol tersebut, Adik Fd menyebarkannya dan memasukkannya kembali ke dalam botol. Hal seperti itu dilakukannya beberapa kali. Agar aktivitas tersebut bermakna, saya mendampingi dengan menyebutkan angka satu s